14 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Annisa

Umroh adalah salah satu ibadah yang diimpikan oleh banyak umat Muslim. Oleh karena itu, setidaknya ada 14 daftar pelengkapan umroh untuk wanita yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan umroh.

Mulai dari administrasi, pakaian, hingga perlengkapan umroh untuk wanita yang wajib dibawa. Bagi wanita, persiapan umroh sangat penting agar ibadah berjalan lancar dan nyaman.

Berikut ini adalah daftar perlengkapan umroh untuk wanita yang wajib dibawa:

Perlengkapan Umroh untuk Wanita

Selain mempersiapkan perlengkapan administrasi, perlengkapan-perlengkapan di bawah merupakan perlengkapan yang dapat menunjang seluruh kegiatan ibadah umroh.

Berikut ini adalah daftar perlengkapan umroh untuk wanita.

1. Mukena

Barang pertama yang dibawa bagi seorang Muslimah adalah mukena. Mukena menjadi perlengkapan yang wajib dibawa ketika menjalankan ibadah umroh.

Karena ketika berada di Tanah Suci kegiatan utamanya ibadah.

2. Baju Ihrom Lengkap 2 Stel

Perlengkapan umroh untuk wanita yang wajib dibawa selanjutnya adalah baju ihrom lengkap 2 stel, sebab kamu butuh cadangan apabila sewaktu-waktu baju ihrom kamu terkena najis kecil misalnya.

Dalam perintah menjalankan ibadah umroh, Muslimah wajib menutup seluruh bagian tubuhnya dengan pakaian ihram kecuali wajah dan tangan.

3. Pakaian Sehari-Hari yang Nyaman

Setelah melaksanakan ibadah umroh, kamu bisa dengan bebas memakai pakaian apapun. Maka dari itu, bawalah pakaian-pakaian yang nyaman.

Baca Juga: Umroh Plus Turki, Estimasi Biaya dan Itenerary

Bawa juga baju syar’i yang longgar dan menutup aurat untuk dipakai ketika berjalan-jalan.

Pastikan baju syar’I yang dibawa tidak membuat kamu kegerahan dan nyaman dipakai baik ketika cuaca di Saudi sedang panas maupun dingin.

4. Kaos Kaki Minimal 3 Pasang

Bawalah kaos kaki untuk melindungi kaki kamu dari cuaca panas dan dingin di Arab Saudi untuk dipakai sehari-hari.

5. Buku Panduan dan Al-Qur’an Kecil

Buku panduan umroh berisikan doa-doa, tata cara ibadah umroh, serta beberapa larangan selama ibadah umroh dengan ukuran yang pas di kantong.

Baca Juga: Pengertian Umroh: Definisi dan Tata Cara Pelaksanaannya

Tidak lupa juga untuk membawa Al-Qur’an dengan ukuran yang pas di tangan. Bacalah Al-Qur’an selagi sempat atau setelah melakukan sholat.

6. Pembalut atau Pantyliner

Menjadi seorang Muslimah, saat melaksanakan ibadah terkadang terhalang oleh datang bulan atau menstruasi yang menyebabkan tidak bisa melaksanakan ibadah apapun termasuk sholat dan umrah.

Untuk persiapan jika tiba-tiba datang bulan,keputihan dan lain-lain untuk menghindari najis di bagian tubuh bagian bawah sehingga ibadah dapat berjalan lancar.

7. Peralatan Mandi

Penting untuk membawa perlengkapan mandi saat berada di Tanah Suci untuk menbersihkan diri dari kotoran.

Beberapa perlengkapan mandi yang disarankan untuk dibawa yaitu sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, deodoran, dan parfum.

8. Alat make up

Seperti yang kamu ketahui cuaca di Arab Saudi sangatlah panas, kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Baca Juga: Rekomendasi Travel Umroh Terbaik di Jakarta Selatan untuk Ibadah yang Aman

Maka, bawalah yang biasanya dipakai saja seperti pelembab, hand body ,dan bedak yang biasa dipakai untuk perlindungan karena udara di sana kering.

9. Tas Kecil

Ketika sedang menjalankan ibadah atau sedang berada di luar ruangan, ada baiknya kita membawa tas kecil.

Tas kecil berfungsi untuk menyimpan benda-benda yang berukuran kecil tapi penting untuk dibawa seperti handphone, charger, uang tunai, buku doa, Al-Qur’an, buku panduan, dan lain-lain. 

10. Kacamata dan masker

Kacamata dan masker dapat membantu kamu melindungi wajah dari teriknya matahari dan debu selama melakukan kegiatan di luar ruangan.

Gunakan kacamata dan masker pada saat ziarah di siang hari selama berada di tanah suci. Selain itu, bawalah beberapa masker cadangan, sehingga kalau masker yang sedang dipakai sudah kotor, bisa kamu ganti dengan masker lain yang kondisinya masih bersih.

11. Sendal dan sepatu

Selama melaksanakan ibadah umrah, dibutuhkan kekuatan fisik yang baik, terutama pada bagian kaki.

Karena, sebagian besar kegiatan umrah membutuhkan kaki yang kuat. Maka, pakailah sendal atau sepatu yang nyaman agar alas kaki kamu tidak mengalami luka-luka atau lecet akibat terlalu banyak berjalan.

12. Obat-Obatan Pribadi dan Vitamin

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat-obatan pribadi yang cukup penting untuk mengantisipasi jika kamu merasa sakit selama beribadah di Tanah Suci.

13. Charger dan Powerbank

Handphone alat komunikasi yang penting untuk menjadi media rekreasi dan komunikasi untuk menghubungi keluarga yang ada di rumah.

Baca Juga: Miqat: Titik Awal Suci dalam Perjalanan Umroh dan Haji

Maka, jangan lupa untuk selalu membawa charger handphone. Sehingga saat berada di luar ruangan, kamu tidak perlu gusar tentang baterai handphone yang akan habis.

14. Data Internet

Satu lagi hal penting tapi sering dilewatkan oleh jemaah umrah yaitu data internet. Tidak semua area di Mekkah dan Madinah tersedia koneksi internet gratis.

Agar kamu dapat berkomunikasi untuk menghubungi keluarga yang ada di rumah dan orang orang disekitar kamu.

Kesimpulan:

Menyiapkan perlengkapan umroh dengan baik akan membantu kamu menjalani ibadah dengan lebih khusyuk dan nyaman. Semoga daftar ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan yang membantu dalam mempersiapkan perjalanan umroh kamu.

Selamat beribadah, semoga umroh kamu diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umroh, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment