Aturan Baru Umrah di Saudi: Visa Apa Saja Diterima!

Fitria Zahrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi baru-baru ini mengumumkan kebijakan baru yang memudahkan akses bagi umat Muslim global yang ingin melaksanakan ibadah Umrah.

Menurut pengumuman tersebut, ibadah Umrah kini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis visa, termasuk visa pribadi, keluarga, transit, visa tenaga kerja, dan e-visa turis.

Kementerian juga menekankan bahwa jemaah harus mematuhi jadwal waktu yang telah ditetapkan untuk beribadah di Masjidil Haram, Makkah, yang merupakan tempat tersuci bagi umat Islam.

Latar Belakang Kebijakan

Kebijakan ini adalah bagian dari upaya Kerajaan Saudi untuk meningkatkan jumlah jemaah Umrah dan Haji setiap tahun, sekaligus mendukung Visi 2030 Saudi yang bertujuan untuk memodernisasi dan mendiversifikasi ekonomi negara.

Salah satu langkah penting dalam visi ini adalah mempromosikan pariwisata religius, termasuk ibadah Umrah dan Haji.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah menyediakan berbagai fasilitas bagi umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Baca juga: Cara Mudah Buat Visa Luar Negeri Tanpa Datang ke Kedutaan Besar

Kebijakan terbaru pemerintah Arab Saudi mencakup perpanjangan durasi visa umroh dari 30 hari menjadi 90 hari yang memungkinkan akses masuk melalui semua pelabuhan darat, udara, dan laut, serta menghapus persyaratan pendampingan wali laki-laki bagi jemaah perempuan.

Detail Aturan Baru

Mulai saat ini, umat Muslim yang memiliki visa wisata, visa bisnis, atau bahkan visa transit, dapat menggunakan visa tersebut untuk masuk ke Arab Saudi dan melaksanakan ibadah Umrah.

Hal ini berbeda dari kebijakan sebelumnya yang mengharuskan jemaah memiliki visa khusus Umrah.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah Umrah, sekaligus meningkatkan arus kunjungan ke tempat-tempat suci di Mekah dan Madinah.

Dengan aturan baru ini, diharapkan lebih banyak umat Muslim dapat merasakan pengalaman ibadah Umrah dengan lebih mudah dan fleksibel.

Dalam rangka memanfaatkan kebijakan baru ini, Annisa Travel siap menjadi mitra perjalanan Anda untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Sebagai agen perjalanan resmi dan berpengalaman, Annisa Travel menawarkan berbagai paket Umrah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dengan layanan yang profesional dan komprehensif, Annisa Travel akan memastikan perjalanan ibadah Anda berlangsung dengan lancar dan nyaman.

Mulai dari pengurusan visa, tiket penerbangan, akomodasi, hingga bimbingan selama di tanah suci, Annisa Travel akan mendampingi Anda setiap langkahnya.

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment