Fenomena Istiwa A’zam: Saat Matahari Berada di Puncak Ka’bah

Fitria Zahrah

Fenomena Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika matahari berada tepat di atas Ka’bah.

Fenomena ini kembali terjadi pada tahun 2024 tepatnya di bulan Mei yang bertepatan dengan musim haji 1445 Hijriah.

Pada waktu dimana Istiwa A’zam terjadi, arah kiblat searah dengan matahari, menjadikannya momen penting dalam penentuan arah kiblat yang akurat.

Waktu Terjadinya Istiwa A’zam di Indonesia

Sehubungan dengan adanya peristiwa Istiwa A’zam, Ditjen Bimas Islam Kemenag mengimbau umat Islam Indonesia untuk mengecek arah kiblat pada tanggal 27-28 Mei 2024 pukul 16:18 WIB.

Baca Juga: BungUmar: Wujudkan Ibadah Umroh dengan Tabungan Umroh!

Pada saat fenomena ini, matahari berada tepat di atas Ka’bah, sehingga bayangan objek vertikal di mana saja di dunia yang berada di wilayah yang bisa melihat matahari pada saat itu akan menunjukkan arah yang benar ke Ka’bah.

Waktu Terjadinya Istiwa A’zam di Arab Saudi

Selain umat Islam di Indonesia, fenomena matahari di atas Ka’bah tahun ini juga dapat disaksikan secara langsung oleh jemaah haji Indonesia saat berada di Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi.

Dikutip dari Arabnews, seperti dilansir Kemenag, peristiwa Istiwa A’zam di Makkah akan terjadi pada 28 Mei 2024 pukul 12.18 Waktu Arab Saudi.

Dengan adanya fenomena Istiwa A’zam, umat islam dapat menentukan arah kiblat yang tepat. Penentuan arah kiblat ini sangat penting bagi umat Islam karena kiblat adalah arah yang harus dihadapi saat melaksanakan salat.

Fenomena Istiwa’ Azam memberikan cara alami dan sangat akurat untuk menentukan arah kiblat tanpa memerlukan alat bantu canggih.

Ketika fenomena ini terjadi, bayangan benda vertikal seperti tongkat, tiang, atau bahkan bangunan akan mengarah langsung ke Ka’bah.

Dengan pemahaman yang baik tentang fenomena ini, umat Islam dapat menjalankan ibadah salat dengan keyakinan bahwa mereka menghadap arah yang benar. Nikmati pengalaman spiritual ini lebih dalam lagi dengan perjalanan umrah bersama Annisa Travel.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket umrah, silakan kunjungi situs kami di Annisa Travel.

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment