Jamaah Umroh Wajib Vaksin Meningitis Mulai Musim Depan!

Fitria Zahrah

Kementerian Kesehatan Arab Saudi baru-baru ini menerbitkan surat pemberitahuan bahwa vaksin meningitis akan kembali menjadi syarat wajib bagi umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah umroh.

Kebijakan ini mulai berlaku pada musim umroh 1446 H/2024 M dan diterapkan untuk seluruh calon jamaah umroh usia 1 tahun ke atas dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pentingnya Vaksin Meningitis

Vaksin meningitis sangat penting untuk melindungi jamaah dari risiko infeksi meningitis, penyakit serius yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat di tempat-tempat ramai seperti selama ibadah umroh, sehingga vaksinasi menjadi langkah pencegahan yang krusial.

Baca Juga: Gamau Nunggu Puluhan Tahun? Yuk Kenali Haji Furoda!

Setiap jamaah haji dari berbagai negara diwajibkan telah menerima vaksin meningitis sesuai dengan dokumen persyaratan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Vaksin ini wajib untuk semua jamaah haji internasional dan harus diberikan paling lambat 10 hari sebelum mereka tiba di Arab Saudi. Selain itu, masa berlaku vaksin tidak boleh lebih dari 5 tahun.

Panduan bagi Calon Jamaah

Otoritas Kesehatan di negara asal jamaah harus memastikan bahwa vaksinasi sesuai dengan masa berlaku yang disyaratkan dan bahwa jenis vaksin serta tanggal pemberian tercantum dengan jelas dalam sertifikat vaksinasi.

Jika jenis vaksin tidak dicantumkan dalam sertifikat, maka masa berlakunya hanya dianggap selama 3 tahun.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga mengingatkan bahwa vaksinasi wajib berlaku untuk semua individu berusia 1 tahun ke atas yang datang untuk umrah.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua jemaah selama menjalankan ibadah.

Langkah Tepat untuk Persiapan Umroh

Bagi calon jamaah umroh, persiapan kesehatan adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan.

Memastikan vaksinasi meningitis dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku adalah bagian dari persiapan tersebut. Dengan demikian, jamaah dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan aman.

Annisa Travel siap membantu Anda dalam proses persiapan umroh, termasuk memastikan vaksinasi meningitis Anda sesuai dengan syarat yang ditetapkan.

Kami memberikan layanan konsultasi kesehatan dan panduan lengkap agar perjalanan ibadah Anda berjalan lancar tanpa kendala.

Segera hubungi Annisa Travel untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan bantuan dalam merencanakan perjalanan umroh Anda. Bersama Annisa Travel, perjalanan ibadah Anda akan terasa lebih mudah dan nyaman.

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment