Kenali 5 Keutamaan Maulid Nabi sebagai Wujud Syukur kepada Allah

Fitria Zahrah

Nabi Muhammad Saw adalah panutan utama bagi umat Islam, sebagaimana yang dijelaskan dalam surat al-Ahzab ayat 21, bahwa beliau merupakan teladan dalam segala aspek kehidupan, khususnya bagi mereka yang mengharapkan rahmat Allah.

Merayakan maulid Nabi merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Allah atas segala rahmat yang diberikan-Nya. Berikut adalah beberapa keutamaan dari perayaan maulid Nabi:

1. Ungkapan Syukur

Merayakan maulid Nabi sebagai bentuk syukur atas rahmat dan karunia Allah, sebagaimana disebutkan dalam surat Yunus ayat 58:

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Artinya: Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya itu, hendaklah mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.”

Baca Juga: 14 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Di mana Allah memerintahkan kita untuk bergembira dan bersyukur atas nikmat yang diberikan, termasuk nikmat Islam yang diperjuangkan oleh Nabi Muhammad Saw.

2. Meneguhkan Hati

Perayaan maulid Nabi membantu kita mengingat perjuangan Nabi Muhammad Saw dalam membela Islam.

Dengan mempelajari kisah hidupnya, kita dapat mengambil pelajaran hidup dan meneguhkan hati dalam menghadapi berbagai tantangan, sebagaimana dijelaskan dalam surat Hud ayat 120:

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ اَنْۢبَاۤءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهٖ فُؤَادَكَ وَجَاۤءَكَ فِيْ هٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَّذِكْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: Semua kisah rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu (Nabi Muhammad), yaitu kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu. Di dalamnya telah diberikan kepadamu (segala) kebenaran, nasihat, dan peringatan bagi orang-orang mukmin.

3. Wasilah Berbuat Kebaikan

Perayaan maulid Nabi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengadakan majlis ta’lim dan bersedekah, ataupun merakannya langsung di kota kelahiran Nabi dengan Umroh Maulid Nabi yang dapat meningkatkan tali persaudaraan di antara umat Islam.

4. Mendapat Berkah dan Ampunan Dosa

Dengan bershalawat kepada Nabi, kita dapat memperoleh banyak berkah dan diampuni dosa-dosa kita.

Berdasarkan hadis, siapa yang bershalawat untuk Nabi sekali, maka Allah akan membalas dengan 10 kali shalawat.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

5. Mengenalkan Agama Islam

Perayaan maulid Nabi juga menjadi sarana untuk mengenalkan nilai-nilai Islam seperti toleransi dan ukhuwah kepada masyarakat.


Merayakan maulid Nabi adalah salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Allah atas segala rahmat yang telah dilimpahkan-Nya melalui Nabi Muhammad Saw.

Lihat Selengkapnya

Yuk segera daftarkan diri kamu untuk perjalanan Umroh Maulid Nabi bersama Annisa Travel dan rasakan keistimewaan merayakan Maulid Nabi di Tanah Suci!

Referensi bacaan: uinsgd.ac.id

Bagikan:

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment