Panduan Lengkap Umroh: Definisi, Manfaat, dan Tata Caranya

Fitria Zahrah

Umroh secara bahasa berarti ziarah. Dalam istilah teknis syariah, umroh adalah mengunjungi Baitullah (Ka’bah) dengan memulai memakai kain ihram dari titik miqat, kemudian melakukan ibadah thawaf, sa’i, dan tahalul (bercukur) dengan tujuan mengharapkan ridho Allah SWT.

Umroh juga sering disebut sebagai “haji kecil”, merupakan ibadah yang mulia dengan segudang manfaat bagi yang menunaikannya.

Manfaat Umroh

Umroh memiliki banyak manfaat, baik dari segi ibadah maupun sosial. Beberapa manfaat umroh antara lain:

1. Dijauhkan Dari Kefakiran dan Kemiskinan

Melakukan ibadah umroh dapat menghapus dosa di antara dua umroh dan mendapatkan jaminan Surga bagi umroh dan haji yang mabrur. Sebagaimana dalam hadist berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

Dari Abdullah Ibnu Masud katanya Rasulullah SAW bersabda: “Lakukanlah haji dan umrah dalam waktu yang berdekatan kerana keduanya menghapuskan kefakiran dan dosa-dosa seperti al kir (bahan yang diguna untuk menghilangkan) kekotoran besi, emas dan perak. Tidak ada balasan bagi haji yang mabrur melainkan syurga” – HR Tarmizi No 738

2. Penghapusan Dosa

Seseorang yang telah menjalankan ibadah umroh satu kali. Kemudian ia melakukan umroh kembali maka dosa-dosanya pada rentang hari dari umroh pertama ke umroh kedua akan diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam hadist berikut:

Baca Juga: Travel Umroh Terpercaya untuk Warga Jakarta Pusat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّة

Dari Abi Hurairah Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Antara satu umrah ke satu umrah menghapuskan dosa antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada baginya ganjaran melainkan syurga” HR Bukhari No: 1650

3. Memberikan Ketenangan Hati

Suasana suci dan penuh ibadah di tanah suci Mekkah dapat memberikan ketenangan jiwa dan kedamaian hati.

Umroh membantu kita merenungkan diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan memohon ampunan atas dosa-dosa.

4. Pengabulan Doa

Selanjutnya yakni dikabulkannya doa. Setiap orang yang menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah, lalu ia berdoa dengan khusyu’ disana, maka insyaAllah doa-doanya akan diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT.

Dari abu huraira, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda “Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

5. Memperoleh Pahala Sholat Hingga 1000-100.000 Kali Lipat

Jika solat fardhu atau sunnah sendirian biasanya kita memperoleh pahala 1, dan saat berjamaah kita mendapatkan 7.

Berbeda dengan solat di tanah suci saat haji atau umroh, pahalanya dilipatgandakan. Pahala solat di masjid Nabawi bisa bernilai 1000 kali lipat.

Baca Juga: Miqat: Titik Awal Suci dalam Perjalanan Umroh dan Haji

Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat. Bisa dibayangkan kan, betapa luar biasanya keutamaan solat di tanah suci.

Solat bertahun-tahun pun sulit bagi kita mengumpulkan pahala sebegitu banyaknya.

Dari Jabir bin ‘Abdillah “Shalat di Masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di Masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah,. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani). 

6. Menjadi Tamu Spesial Allah SWT

Ketika seseorang berkunjung ke baitullah (rumah Allah SWT) di tanah suci, maka ia dianggap sebagai tamu spesial oleh Allah SWT. Sungguh senang sekali, bukan?

Bahkan menurut sabda rasul dalam suatu hadist shahih, Allah Azza wa Jalla akan mengabulkan setiap doa yang kita minta, memberikan ampunan dosa serta syafaat bagi meminta.

Baca Juga: Mau Umroh Tapi Berbarengan dengan Jadwal Haid? Ini Solusinya

Oleh sebab itu, sebelum berangkat kesana, hendaklah kita mensucikan hati terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa menjadi tamu terbaik di sisi Allah Ta’ala.

7. Mempererat Tali Silaturahmi Antar Umat Muslim

Jika dilihat dari aspek sosial, ibadah umroh juga bisa mendatangkan manfaat bagi kita. Yakni mempererat ukhuwah (persaudaraan) antar umat muslim.

Kita bisa berkenalan dengan jemaah yang berasal dari kota-kota berlainan di Indonesia.

Bahkan orang-orang dari beda negara, termasuk penduduk kota Mekkah yang asli. Hal ini tentu sangat bernilai.

Baca Juga: Thaif: Sejarah dan Keistimewaannya dalam Islam

Wawasan kita bisa bertambah, teman juga betambah, dan kita juga berarti telah mengamalkan perintah Allah untuk menjaga persaudaraan sesama muslim-muslimah.

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu  maka kamu menjadi bersaudara.” (QS. Ali Imran:103).

Panduan Lengkap Tata Cara Umroh

1. Niat dan Ihram:

  • Memulai niat umroh dari titik miqat (tempat mulai ihram) dan mengenakan kain ihram.
  • Melafalkan niat umroh: “Labbaikallahumma umrotan.”

2. Thawaf:

  • Melakukan thawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran dengan arah berlawanan jarum jam.
  • Mulai dan akhiri thawaf di Hajar Aswad (batu hitam), jika memungkinkan menyentuh atau menciumnya.

3. Sa’i:

  • Melakukan sa’i, yaitu berjalan antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali, dimulai dari Shafa dan berakhir di Marwah.

4. Tahalul:

  • Setelah sa’i, melakukan tahalul dengan memotong rambut sedikit atau mencukur habis (untuk pria).

5. Tertib:

  • Melakukan semua rukun umroh secara berurutan dan tidak melewatkan satu pun.

Persiapan Sebelum Umroh

  1. Persiapan Fisik: Pastikan kondisi fisik dalam keadaan sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat.
  2. Persiapan Mental: Memperbanyak doa, dzikir, dan membaca literatur tentang umroh.
  3. Persiapan Administratif: Mengurus dokumen perjalanan seperti paspor, visa, dan tiket.
  4. Mempelajari Tata Cara Umroh: Memahami setiap rukun dan sunnah umroh agar pelaksanaan ibadah berjalan dengan lancar.

Tips Selama di Tanah Suci

  1. Disiplin Waktu: Mengikuti jadwal yang telah ditentukan dan datang lebih awal ke tempat ibadah.
  2. Kebersihan: Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
  3. Kesabaran: Bersabar dalam menghadapi kerumunan dan situasi yang mungkin tidak nyaman.
  4. Berdoa dan Bersyukur: Memanfaatkan waktu untuk berdoa dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan.

Umroh adalah ibadah yang mulia dan memberikan banyak manfaat bagi setiap Muslim yang melaksanakannya.

Dengan memahami definisi, manfaat, dan tata cara umroh, diharapkan setiap jamaah dapat melaksanakan ibadah ini dengan baik dan mendapatkan ridho Allah SWT.

Bagikan:

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment