Persiapan Fisik untuk Haji atau Umroh

Annisa

Beribadah bukan hanya membutuhkan kesiapan batin, melainkan juga fisik yang sehat.

Walaupun kita memang diberikan kemudahan dalam beribadah sesuai dengan kemampuan fisik, namun alangkah bahagianya jika kita dapat beribadah saat badan sedang sehat.

Hal ini pun juga berlaku untuk ibadah di tanah suci. Umroh, terlebih haji, membutuhkan persiapan stamina tubuh yang bagus.

Untuk tawaf dan sa’i saja, seorang jamaah perlu untuk mengeluarkan tenaga yang tidak sedikit.

Belum jika harus berdiam diri di Arafah dengan suhu yang tinggi, bermalam di Mina, berdesak-desakan kala melempar jumrah, dan lain sebagainya.

Tentu saja kesiapan fisik jamaah perlu dipersiapkan baik-baik. 

Nah, apa saja yang harus dilakukan agar tubuh selalu fit saat perjalanan ibadah? Berikut ini rinciannya.

1. Jaga Pola Makan

Makanan yang kita konsumsi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh kita.

Untuk itu, kita perlu menjaga baik-baik pola makan kita, sebelum dan selama perjalanan. Hindari makanan cepat saji, berlemak tinggi, ddan kafein. Perbanyak buah, sayur, dan protein.

Waktu makan pun harus teratur dengan porsi yang seimbang.  Mengonsumsi vitamin atau suplemen juga dianjurkan, namun harus sesuai dengan kebutuhan. 

2. Istirahat Cukup

Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup agar dapat bekerja dengan maksimal. Pergunakan waktu dan tenaga dengan bijaksana.

Lebih baik penuhi hari-hari dengan beribadah dan kegiatan yang bermanfaat. Kurangi melakukan kegiatan yang buang tenaga namun tidak berfaedah. 

3. Olahraga Teratur

Tidak harus olahraga yang berat, Anda juga dapat melatih tubuh dengan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan dan senam irama sederhana.

Jika Anda suka jogging atau bersepeda, hal tersebut bisa menjadi pilihan yang bagus.

Usahakan tubuh Anda sudah dipersiapkan dengan baik sebelum berangkat agar saat beribadah dan padatnya aktivitas selama di tanah suci tidak membuat tubuh kaget.

4. Jaga Pola Pikir

Selain hal-hal di atas, tingkat stress adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan agar tubuh selalu fit dan prima.

Menjaga pikiran tetap positif dan optimis perlu sekali kita lakukan. Selain menyemangati diri, hal tersebut meningkatkan kekuatan dalam tubuh kita. 

Setelah melakukan beberapa hal di atas, Anda perlu untuk terus khusnudzon kepada Allah dan menyerahkan diri Anda sepenuhnya untuk beribadah. Insya Allah selalu dikuatkan. 

Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umroh, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment