Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Turki 2024

Annisa

Turki adalah sebuah negara yang sangat besar dan setiap daerahnya mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Akan membutuhkan waktu yang lama jika kita akan mengeksplorasi semua daerah yang ada di Turki.

Berikut beberapa rekomendasi kota-kota populer di Turki untuk liburan:

Istanbul: Kota Populer di Turki

Istanbul adalah salah satu kota yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Turki. Kota ini menawarkan kombinasi yang unik antara kekayaan sejarah dan kehidupan modern.

Baca Juga: Biaya Umroh Plus Turki 2024 Lengkap dengan Itenerary

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata populer di Istanbul:

1. Hagia Sophia

Bekas gereja yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah masjid, museum, dan sekarang kembali lagi menjadi sebuah masjid.

Hagia Sophia adalah salah satu ikon kota Istanbul. Bangunan ini menggabungkan arsitektur Bizantium dan arsitektur islam Ottoman yang menakjubkan.

2. Topkapi Palace

Istana ini merupakan bekas kediaman dari sultan-sultan Kesultanan Ottoman. Pengunjung dapat menjelajahi ruangan-ruangan istana yang indah dan melihat koleksi artefak bersejarah yang luar biasa.

Dari sudut tertentu Istana Topkapi, kita bisa melihat indahnya Selat Bosphorus membelah Istanbul menjadi Istanbul Eropa dan Istanbul Asia.

3. Blue Mosque (Masjid Sultan Ahmed)

Salah satu masjid yang paling terkenal di Istanbul, Blue Mosque memiliki arsitektur yang megah dan enam menara yang mengesankan.

Masjid ini pertama kali dibangun karena keinginan Sultan Ottoman untuk mempunyai bangunan yang semegah dengan Hagia Sophia.

Sekarang menjadi pemandangan yang menarik, karena dalam kompleks yang sama kita bisa menemukan dua masjid megah dan indah secara arsitekturalnya.

Pengunjung, baik musim maupun non-musim dapat mengunjungi masjid ini dan mengagumi keindahan interior dan eksteriornya.

4. Grand Bazaar

Pasar ini adalah salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia. Pengunjung dapat menjelajahi ribuan toko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari perhiasan, kerajinan tangan, tekstil, hingga rempah-rempah.

Berjalan melalui jalan-jalan beratap di Grand Bazaar selayaknya menjelajahi labirin dengan kiri-kanan banyak sekali penjual menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik.

5. Basilica Cistern

Cistern ini adalah salah satu tempat yang paling menarik di Istanbul. Pengunjung dapat menjelajahi ruang bawah tanah yang mengagumkan yang dihiasi dengan kolom-kolom dan air yang tenang.

6. Spice Bazaar

Pasar ini adalah tempat yang sempurna untuk mencicipi rempah-rempah dan produk-produk lokal Turki.

Pengunjung dapat membeli berbagai macam rempah-rempah, teh, makanan ringan, dan kerajinan tangan.

7. Galata Tower

Menara ini adalah salah satu landmark yang paling terkenal di Istanbul. Pengunjung dapat naik ke atas menara dan menikmati pemandangan spektakuler dari kota Istanbul.

8. Bosphorus Cruise

Perjalanan menyusuri Selat Bosporus adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari perahu saat melintasi antara Eropa dan Asia, sekaligus melihat bagaimana atmosfer mewah sepanjang Selat Bosphorus.

9. Istiklal Avenue

Jalan ini adalah pusat perbelanjaan dan hiburan terkenal di Istanbul.

Pengunjung dapat menjelajahi toko-toko papan atas, restoran, dan kafe yang berjejer di sepanjang jalan ini.

Hanya sekedar berjalan-jalan di Istiklal Street pun akan memberikan pengalaman yang mengasyikkan.

    Tidak ada kata yang cukup untuk menggambarkan keindahan Istanbul.

    Kota ini memiliki begitu banyak tempat wisata yang menakjubkan dan akan membuat liburan Anda di Turki menjadi tak terlupakan.

    Izmir (Kusadasi): Tempat Wisata Populer di Turki

    Kusadasi dan Izmir adalah dua destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan di Turki. Kota ini adalah salah satu diantara kota pesisir pantai favorti di Turki.

    Kusadasi dan Izmir adalah rumah untuk pantai yang indah, kota yang hidup, sejarah, dan budaya.

    Lihat Selengkapnya

    Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Kusadasi dan Izmir:

    1. Kusadasi Castle: Kastil Kusadasi adalah sebuah benteng abad ke-14 yang menawarkan pemandangan spektakuler ke kota dan pelabuhan Kusadasi.
    2. Ladies Beach: Ladies Beach adalah salah satu pantai populer di Kusadasi yang terkenal akan pasir putih nya yang lembut dan air yang tenang. Pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati restoran, kafe, dan toko-toko yang ada di sekitarnya.
    3. Ancient City of Ephesus: Kota Kuno Ephesus adalah salah satu situs arkeologi terbesar dan paling penting di dunia. Di sini, Anda dapat menjelajahi kuil, teater, dan jalan-jalan kuno yang mengagumkan. Disini adalah rumah dari perpustakaan kuno yang fenomenal yaitu Celcus Library. Tidak jauh dari perpustakaan, kita bisa juga menemukan Grand Theatre, dimana dahulu disini adalah pusat hiburan masyarakat Ephesus.
    4. Cesme Castle: Kastil Cesme adalah sebuah benteng abad ke-16 yang terletak di jantung kota Cesme. Di dalam kastil, Anda dapat menemukan museum maritim yang menampilkan sejarah kelautan di wilayah tersebut.
    5. Izmir Clock Tower: Menara Jam Izmir adalah salah satu landmark terkenal kota dan merupakan simbol dari Izmir. Anda dapat menikmati pemandangan kota yang indah dari menara ini.
    6. Kemeralti Bazaar: Pasar Kemeralti adalah pasar tradisional yang luas. Pasar ini menjadi pilihan yang tepat ketika anda ingin berbelanja oleh-oleh, perhiasan, kerajinan tangan, dan produk-produk lokal lainnya.
    7. Asansor: Asansor adalah lift kuno yang terkenal di kota Izmir. Anda dapat naik ke atas dan menikmati pemandangan spektakuler dari atas kota.
    8. Konak Square: Alun-alun Konak adalah pusat kota Izmir yang ramai dengan taman yang indah, patung Ataturk, dan arsitektur yang menarik.

    Pamukkale

    Pamukkale adalah salah satu kota unik yang ada di Turki. Kota ini mempunyai sumber mata air panas alami dan juga rumah dari sejarah peradaban dunia.

    Beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang layak dikunjungi di Pamukkale adalah sebagai berikut:

    1. Cotton Castle (Travertine Terrace): Kawasan ini adalah sebuah formasi geologi yang terbentuk dari aliran air panas yang mengalir kebawah bukit, dimana kemudian kandungan kalsium karbonat nya mengendap, menumpuk sehingga membentuk teras-teras putih bersih selayaknya kapas yang lembut. Kita berendam di kolam-kolam ini akan mendapatkan kesegaran, dan juga mendapatkan manfaat bagi kesehatan kulit sekaligus relaksasi yang menenangkan. Cotton Castle adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menjadi tujuan wisata yang sangat populer di Turki.
    2. Hierapolis Ancient City: Sebuah kota kuno pada abad ke-2 SM yang letaknya tidak jauh dari Pamukkale. Disini kita bisa melihat teater Hierapolis yang terkenal, yang mampu menampung sekitar 15.000 orang dan masih digunakan sampai saat ini. Didalamnya terdapat pemakaman kuno, Nekropolis, terdiri lebih dari 1.200 makam yang didekorasi dengan relief dan patung-patung yang unik.
    3. Cleopatra’s Pool: Kolam bersejarah ini diyakini bahwa Ratu Cleopatra dari Mesir pernah mengunjungi dan mandi di kolam ini. Dia datang kesini bersama kekasihnya, Marc Antony. Kolam ini masih bisa dikunjungi wisatawan. Berenang disini, dimana di dasar kolam terdapat reruntuhan-reruntuhan batu kuno, akan memberikan sensasi berenang yang berbeda.

    Antalya

    Antalya, salah satu kota populer di pesisir pantai, adalah salah satu destinasi liburan yang sangat menarik di Turki.

    Di Antalya kita bisa menemukan pantai yang menakjubkan, sejarah dan budaya yang kaya, taman nasional, wahana hiburan keluarga, surga bagi penyelam, dan masih banyak lagi.

    Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Antalya:

    1. Old Town (Kaleici): Kota tua Antalya dengan jalan-jalan berbatu, toko-toko tradisional, restoran, dan bangunan bersejarah.
    2. Antalya Museum: Museum yang menampilkan koleksi arkeologi dan sejarah kota Antalya.
    3. Duden Waterfalls: Air terjun yang indah dan menakjubkan yang terletak di pinggiran kota Antalya.
    4. Ancient City of Aspendos: Situs arkeologi dengan teater kuno yang masih berfungsi dan sering digunakan untuk pertunjukan teater dan konser.
    5. Antalya Aquarium: Akuarium terbesar di Turki yang menampilkan berbagai spesies laut dan akuatik.
    6. Antalya Zoo: Kebun binatang yang menampilkan berbagai jenis binatang dari seluruh dunia.
    7. Antalya Teleferik: Kereta gantung yang membawa Anda ke puncak Gunung Tahtali, menawarkan pemandangan spektakuler.

    Cappadocia: Tempat Wisata Populer di Turki

    Selain Istanbul, Cappadocia adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Turki. Kota ini unik, menawarkan atmosfer yang mungkin hanya bisa ditemui di Cappadocia.

    Cappadocia adalah destinasi yang lengkap, tepat untuk memuaskan hasrat kita menikmati eksplorasi keindahan alam, formasi geologis yang unik, sejarah, budaya, seni, aktivitas luar ruangan yang menyenangkan, dan yang tidak boleh dilewatkan adalah pengalaman naik balon udara Cappadocia.

    Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata favorit di Cappadocia:

    1. Goreme Open Air Museum: Terletak di kota Goreme, museum ini menampilkan gereja-gereja dan kapel-kapel yang terukir di dalam batu. Di setiap gereja atau kapel kita dapat melihat fresko-fresko kuno yang indah.
    2. Pasabag Valley: Lembah Pasabag terkenal dengan “Fairy Chimneys” yang unik. Bentuk-bentuk batu ini terbentuk secara alami dan memiliki penampilan seperti jam pasir. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar lembah ini dan mengagumi keajaiban alam yang luar biasa.
    3. Devrent Valley: Biasa disebut juga dengan Imaginary Valley. Disini kita bisa menemukan formasi bebatuan yang menyerupai bentuk binatang. Gunakan imajinasi kita, dan kita akan menemukan bebatuan berbentuk seperti burung unta, dan lain sebagainya.
    4. Uchisar Castle: Kastil Uchisar adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan spektakuler Cappadocia. Dari atas kastil, pengunjung dapat melihat panorama yang menakjubkan dari lembah-lembah dan bukit-bukit batu yang tersebar di sekitarnya.
    5. Love Valley: Love Valley adalah lembah yang terkenal dengan batu-batu yang memiliki bentuk menyerupai organ intim. Pemandangan lembah ini sangat unik dan menarik perhatian banyak wisatawan.
    6. Workshop: Cappadocia terkenal dengan industri lokalnya yang unik. Beberapa yang terkenal adalah handmade carpet factory, kerajinan tembikar, dan kerajinan batu akik. Setiap workshop mempunyai caranya sendiri dalam menampilkan produk-produk unggulannya.

    Canakkale

    Letaknya terbilang tidak terlalu jauh dari Istanbul, Canakkale adalah destinasi yang juga layak untuk dikunjungi.

    Canakkale adalah saksi dari beberapa peristiwa penting Turki dan menjadi tempat wisata populer di turki 2024.

    Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Canakkale:

    1. Troya: Sebuah situs arkeologi kuno, yang terkait dengan kisah perang Troya dalam mitos Yunani. Disini kita dapat menjelajahi reruntuhan Troya, melihat replika kuda kayu legendaris, dan memahami sejarah dan mitologi di balik kisah ini.
    2. Monumen Perang dan Museum Canakkale: Terletak di Gallipoli Peninsula, tujuan utama dibangunnya monumen ini adalah untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan perang, sekaligus museumnya menyajikan koleksi yang mengharukan terkait Perang Dunia I di Gallipoli.
    3. Kastil Killitbahir: Masih terletak di Gallipoli, kastil ini mempunyai sejarah yang kaya sekaligus menampilkan pemandangan yang luar biasa ke Selat Dardanelles dan Situs Perang Gallipoli.

    Kesimpulan

    Tempat wisata populer di turki 2024 menawarkan beragam destinasi menarik yang siap memanjakan wisatawan.

    Dari pesona alam yang menakjubkan hingga situs bersejarah yang kaya budaya, setiap kota populer di Turki memiliki daya tarik unik yang patut untuk dikunjungi.

    Rencanakan liburanmu dengan bijak dan nikmati pengalaman tak terlupakan di negeri yang kaya akan warisan budaya dan keindahan alam ini.

    Bagikan:

    Tags

    Annisa

    Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umroh, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

    Leave a Comment