Tips Memili Waktu yang Tepat untuk Berlibur

Annisa

Keluar dari kesibukan dan rutinitas yang menjemukan adalah salah satu tujuan dari traveling.

Namun tak jarang tujuan tersebut tidak terlaksana karena Anda melakukan traveling di waktu dan tempat yang tidak tepat.

Misalnya, hotel yang dipesan sudah penuh, anjungan atau objek wisata penuh dengan antrean, serta kemacetan lalu lintas yang tidak dapat dihindari.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada baiknya kita memilih waktu yang tepat, baik untuk memesan tiket, untuk berlibur, dan mengajukan cuti.

Artikel ini akan membahas beberapa waktu tepat yang perlu Anda catat agar traveling Anda berjalan seperti yang diharapkan.

Waktu Liburan

Hindari Peak Season atau saat orang-orang paling banyak mengambil waktu untuk berlibur.

Selain karena harga tiket pasti jauh lebih mahal dibanding dengan hari-hari biasa, pada saat ini orang-orang akan banyak berkumpul ke objek wisata. Suasana yang riuh membuat liburan Anda tidak tenang.

Bahkan Anda tidak akan memiliki banyak pilihan akomodasi seperti yang Anda harapkan. Waktu yang tepat untuk berlibur adalah 2 minggu – 1 bulan sebelum atau sesudah peak season.

Pada saat-saat ini orang-orang yang berlibur sedikit dan suasana objek wisata lebih lengang. Anda dapat bersantai sejenak dan menikmati suasana.

Saatnya Membeli Tiket Perjalanan

Perlu perhitungan waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat. Harga tiket pesawat akan sangat fluktuatif berdasarkan penawaran dan permintaan.

Waktu yang paling tepat untuk mendapatkan tiket termurah, menurut survey, adalah di hari ke-54 sebelum keberangkatan atau paling tidak 3 minggu-3 bulan sebelum waktu keberangkatan.

Jika tidak ingin terlalu mepet, Anda dapat membeli di 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Tentu saja dengan harga yang tidak semurah di hari ke-54 tersebut.

Mengajukan Cuti Kerja

Cuti kerja merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan traveler, terutama yang memiliki ikatan kerja. Untuk mendapatkan approval cuti dengan mudah, Anda harus mengajukan cuti di saat yang tepat.

Jangan terlalu mendadak. Minimal 2 minggu sebelum keberangkatan Anda harus sudah menyerahkan surat cuti.

Lebih baik jika 1 bulan sebelumnya. Sehingga, Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas dan atau menyerahkan beban tugas sementara kepada teman satu unit.

Nah, bagaimana, Travelmate? Anda sudah menentukan waktu yang tepat untuk merencanakan traveling Anda selanjutnya?

Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umrah, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment