5 Cara Menabung untuk Traveling Tahun 2024

Annisa

Traveling bisa dibilang salah satu hobi yang menguras kantong. Apalagi, jika Anda senang bepergian ke tempat yang jauh atau ke luar negeri.

Destinasi yang luar biasa selalu sepadan dengan biaya yang akan kita keluarkan. Nah, agar tidak menyiksa kantong namun hobi tetap tersalurkan, ada baiknya Anda melakukan strategi menabung khusus traveling.

1. Menabung Lebih Banyak

Strategi yang paling penting adalah menabung lebih banyak. Jika biasanya Anda sudah menganggarkan 30% dari gaji untuk tabungan, bukan berarti dana traveling harus diambil dari tabungan tersebut.

Karena, bisa jadi Anda akan memerlukan tabungan itu untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak. 

Lebihkan tabungan Anda, misalnya menjadi 35-40% gaji Anda saat ini. Jangan sampai tabungan traveling ini mengganggu kebutuhan Anda yang lainnya. 

2. Anggarkan Secara Efisien

Ingat, efisien tidak selamanya irit bin pelit. Karena tiap bulan Anda telah menabung lebih banyak, pasti ada beberapa anggaran yang harus dipangkas agar Anda tetap dapat hidup dengan gaji yang sudah dikurangi tabungan. 

Anda bisa mengurangi biaya makan, dengan cara membatasi makan di restauran. Cobalah untuk membawa makan dari rumah.

Selain itu, Anda bisa memangkas biaya transportasi dengan cara menggunakan transportasi umum alih-alih mengendarai mobil atau taksi online.

Waktu nongkrong dan ngopi bisa dikurangi agar Anda lebih produktif plus anggaran bulanan lebih efisien.

3. Jauhkan Diri dari Kartu Kredit dan Debit

Minimalisasi penggunaan kartu ajaib ini. Gunakan kartu debit hanya untuk tarik tunai dan kartu kredit hanya untuk transaksi online luar negeri atau promo tertentu.

Bawalah uang cash secukupnya. So, mau tidak mau, Anda harus menggunakan uang cash lebih bijaksana.

Jika kiat ini berhasil, Anda dapat memangkas pengeluaran yang tiddak perlu dalam sebulan.

4. Pantau Harga Tiket

Anda harus benar-benar jeli dalam hal ini. Saat membuat anggaran untuk travel, Anda sudah harus menentukan tujuan travel kali ini.

Sehingga, Anda sudah dapat mencari-cari referensi dan promo untuk tiket pesawat dan hotel paling murah.

Gunakan promo apa saja, mulai dari promo aplikasi hingga promo kartu kredit untuk mendapatkan harga terbaik di kelas yang Anda pilih.

Mau Merencanakan Liburan ke Jepang?

Nah, untuk Anda yang butuh konsultasi ataupun ingin liburan ke Jepang bisa melalui Annisa Travel. Annisa Travel adalah biro perjalanan resmi sejak 2003 dan telah dipercaya banyak perusahaan BUMN terkemuka. Yuk, hubungi kami untuk tau lebih banyak!


Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umrah, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment