Tips Memili Travel Agent Terpercaya

Annisa

Traveling yang menyenangkan tentu saja diawali dengan perencanaan yang matang. Jika ada waktu dan kesempatan lebih, tentu saja merencanakan traveling sendiri akan sangat menyenangkan karena sesuai dengan keinginan kita.

Namun, jika kita belum memiliki pengetahuan yang cukup soal tempat-tempat wisata dan akomodasi selama perjalanan, alangkah baiknya jika menyerahkan perencanaan ini pada ahlinya.

Ya, travel agent adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan jadwal perjalanan wisata yang efektif dan efisien.

Namun, memilih travel agent yang tepat bukan perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan.

Dalam artikel kali ini, Annisa akan menjabarkan lima kriteria yang harus dimiliki oleh travel agent yang baik dan pantas diajak untuk bekerja sama.

1. Profesionalisme

First thing first, professionalism! Sebuah travel agent yang baik pasti bersikap amat profesional.

Ciri-cirinya, mereka dapat menjelaskan dengan baik dan terperinci apa saja yang Anda perlukan selama perjalanan.

Mereka ingin memberikan servis terbaik karena mereka amat menghargai hubungan jangka panjang dengan klien, bukan hanya transaksi saat itu saja.

2. Jaringan yang Luas

Kriteria inilah yang paling kita butuhkan dari sebuah travel agent. Jaringan yang luas dan kuat di industri pariwisata menunjukkan bahwa travel agent tersebut kredibel.

Bekerja sama dengan travel agent yang tepat lebih menjanjikan pengalaman perjalanan yang mengesankan karena mereka telah bekerja sama dengan asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jaringan hotel, kereta api, kapal pesiar, tur operator, atau perusahan rental mobil terbaik.

3. Persiapan Rute dan Itinerary Perjalanan yang Matang

Pilihlah travel agent yang memiliki rute dan itinerary perjalanan yang efektif dan efisien plus, menyediakan tour leader dan tour guide yang mumpuni untuk menemani Anda selama perjalanan.

Tidak dapat dipungkiri, perencanaan yang matang akan berdampak pada pelaksanaan perjalanan yang sesuai harapan.

4. Menawarkan Kualitas Terbaik

Jangan mudah terbujuk harga murah dan promosi kosong. Pikirkan baik-baik kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan budget yang direncanakan.

Kualitas terbaik bukan berarti diimbangi harga yang mahal, melainkan harga yang pantas.

Perlu dicurigai sebuah travel agent yang menjual paket perjalanan jauh di bawah travel agent lainnya, bahkan menawarkan fasilitas yang lebih baik. 

5. Reputasi yang Baik

Tak kalah penting dengan yang lain, reputasi adalah salah satu bentuk penilaian yang harus Anda lakukan.

Tanyakan kepada orang terdekat atau orang yang Jamaah percayai. Telusuri juga rekam jejak dan berita terkait reputasi sebuah travel agent.

Anda dapat meneliti lebih lanjut di website, social media, atau datang langsung ke kantor untuk memastikan reputasinya.

Jika travel agent pilihan Anda telah memiliki kelima hal di atas, selamat! Anda dapat mempercayakan perjalanan wisata kepada mereka yang memang benar ahli di bidangnya.

Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umrah, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment