Akses Raudhah Dibatasi Hanya 10 Menit per Tahun!

Fitria Zahrah

Otoritas Umum Urusan Dua Masjid Suci telah mengeluarkan instruksi baru mengenai pembatasan akses masuk ke Al-Rawdah Al-Sharif atau Raudhah di Masjid Nabawi untuk mengurangi penumpukan serta panjang antrean.

Mulai tahun ini, setiap jamaah hanya diperbolehkan satu kali dalam setahun memasuki Raudhah dan hanya diizinkan berada di dalam selama maksimal 10 menit.

Dikutip dari Saudi Gazette, Senin (27/5/2024), pihak berwenang menekankan bahwa jamaah yang telah mendapatkan izin untuk masuk ke Raudhah tetapi tidak dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan, maka harus segera membatalkan izin kunjungannya.

Pembatalan harus dilakukan secepat mungkin karena jika izin kunjungan tersebut tidak dibatalkan, jamaah tidak akan bisa menjadwal ulang kunjungannya dan harus menunggu pada tahun berikutnya.

Mengapa Akses Dibatasi?

Raudhah yang terletak di Masjid Nabawi, Madinah, adalah area suci yang diapit oleh mimbar dan makam Nabi Muhammad SAW.

Tempat ini sangat dihormati dan menjadi tujuan utama bagi jamaah yang berziarah ke Masjid Nabawi.

Dengan banyaknya jamaah yang ingin berdoa di Raudhah, penumpukan dan antrean panjang menjadi masalah yang sering terjadi, terutama selama musim haji dan umrah.

Instruksi pembatasan ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para jamaah yang ingin beribadah di salah satu tempat tersuci dalam Islam.

Keutamaan Raudhah

Dalam buku Mengais Berkah di Bumi Sang Rasul karya Ahmad Hawassy, Raudhah memiliki luas sekitar 330 m² dan selalu ramai dikunjungi jamaah umroh maupun haji.

Keistimewaan Raudhah terletak pada fakta bahwa di situlah Nabi sering berjalan untuk beribadah, menyampaikan ilmu, berzikir, dan melaksanakan amal saleh.

Baca Juga: BungUmar: Wujudkan Ibadah Umroh dengan Tabungan Umroh!

Dalam buku Umrah karya Ahmad Alawiy, disebutkan bahwa Raudhah dianggap sebagai taman surga, sesuai sabda Rasulullah SAW, “Di antara rumahku dan mimbarku ada raudhah min riyadhil jannah (sebuah taman di antara taman-taman surga).” (HR Bukhari).

Keutamaan inilah yang membuat Raudhah menjadi tempat yang sangat istimewa bagi umat Islam, sehingga setiap jamaah yang mengunjungi Masjid Nabawi dianjurkan untuk berdoa dan bermunajat di Raudhah dengan sebaik-baiknya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan haji dan umroh, serta untuk mendapatkan layanan terbaik dalam merencanakan perjalanan ke tanah suci, Anda dapat mengunjungi Annisa Travel.

Annisa Travel siap membantu Anda mewujudkan impian ke tanah suci dengan berbagai paket yang sesuai kebutuhan Anda.

Dengan pengalaman dan dedikasi dalam melayani jamaah, Annisa Travel memastikan perjalanan ibadah Anda menjadi pengalaman yang berkesan dan penuh berkah.

Segera hubungi Annisa Travel untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan mulai rencanakan perjalanan ibadah Anda sekarang juga!

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

1 thought on “Akses Raudhah Dibatasi Hanya 10 Menit per Tahun!”

Leave a Comment