Apa yang Dimaksud dengan Umroh: Pengertian dan Keutamaan Ibadah Umroh

Annisa

Umroh adalah salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang memiliki kemiripan dengan ibadah haji, tetapi dapat dilaksanakan kapan saja sepanjang tahun.

Kecuali ada beberapa waktu yang dianggap makruh melaksanakan ibadah umrah bagi jemaah haji, yaitu pada saat jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada hari Arafah, hari Nahr (10 Dzulhijjah), dan hari-hari tasyrik.

Secara bahasa, umroh berasal dari kata ‘i’timar’ yang berarti berziarah.

Sedangkan menurut istilah teknis syariah, umroh berarti mengunjungi Baitullah (Ka’bah), dimulai dengan niat dari miqat, melakukan tawaf di Ka’bah, sa’i antara bukit Shafa dan Marwah, dan diakhiri dengan tahallul atau memotong sebagian rambut.

Definisi Umroh

Secara istilah, umroh adalah berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk melaksanakan serangkaian ibadah tertentu.

Ibadah ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu niat dan berihram dari miqat, melakukan tawaf tujuh kali mengelilingi Ka’bah, sa’i antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali, dan tahallul sebagai penutup rangkaian umroh.

Keutamaan Ibadah Umroh

Ibadah umroh memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik dari segi spiritual maupun material. Berikut adalah beberapa keutamaan umroh:

1. Menghapus Dosa

  • Melaksanakan umroh dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan oleh seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda, “Umrah yang satu ke umrah berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Bir Ali: Tempat Miqat Bersejarah di Tanah Suci

2. Menghilangkan Kefakiran

  • Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menyatakan bahwa umroh dapat menghilangkan kefakiran dan dosa, sebagaimana api menghilangkan karat dari besi.

3. Pahala Berlipat Ganda

  • Setiap langkah dan ibadah yang dilakukan selama umroh dicatat sebagai amal kebaikan yang berlipat ganda pahalanya. Ibadah di tanah suci Mekkah memiliki nilai yang sangat tinggi di sisi Allah SWT.

4. Doa yang Mustajab

  • Di tanah suci, doa-doa yang dipanjatkan memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Banyak jamaah yang merasakan keajaiban dari doa-doa yang mereka panjatkan selama umroh.

5. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

  • Pengalaman spiritual di tanah suci, melihat Ka’bah secara langsung, dan menjalankan rangkaian ibadah umroh dengan khusyuk dapat memperdalam keimanan dan meningkatkan ketaqwaan seorang muslim.
Lebih dari sekedar ziarah ataupun haji kecil. Ada banyak fadilah umroh yang menjadi alasan kuat umat muslim untuk menunaikannya, no 2 paling banyak kejar!

Kesimpulan

Umroh adalah ibadah yang sangat mulia dengan banyak keutamaan.

Selain menjadi sarana penghapusan dosa, umroh juga dapat menghilangkan kefakiran, memberikan pahala berlipat ganda, mengabulkan doa, dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan.

Dengan memahami pengertian dan keutamaan ibadah umroh, diharapkan semakin banyak umat muslim yang termotivasi untuk melaksanakan umroh dan meraih berkah serta pahala dari Allah SWT.

Bagikan:

Annisa

Biro perjalanan terpercaya sejak 2003. Melayani Umroh, Haji Plus, Paket Wisata, & Halal Trip sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment