Big Ben Tower Saudi Arabia: Sejarah dan Fakta Menarik

Fitria Zahrah

Arab Saudi memiliki “Big Ben” Tower yang merupakan salah satu struktur tertinggi di dunia. “Big Ben” nya Arab Saudi ini dikenal sebagai Makkah Royal Clock Tower atau Abraj Al Bait Royal Clock Tower.

Berada di kota Mekah, menara setinggi 601 meter ini pernah memegang gelar sebagai bangunan tertinggi di dunia pada tahun 2011.

Prestasi ini kemudian terlampaui oleh Shanghai Tower pada tahun 2013 yang mencapai 632 meter.

Saat ini, Makkah Royal Clock Tower masih memegang predikat sebagai bangunan tertinggi di Arab Saudi dan menempati posisi keempat dalam daftar bangunan tertinggi di seluruh dunia.

Sejarah Makkah Royal Clock Tower

Dikutip dari detikcom, Makkah Royal Clock Tower adalah hasil karya pemerintah Arab Saudi yang dimulai pada masa pemerintahan Raja Fahd dan dilanjutkan hingga masa pemerintahan putra mahkota Abdullah Bin Abdul Aziz.

Baca Juga: Ashabul Kahfi: Cermin Keteguhan Iman

Kompleks ini dirancang oleh arsitek dari Dar Al Handasah Architects, sementara pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh Saudi Binladin Group.

Pembangunan proyek ini sempat menjadi salah satu yang terbesar di dunia karena luas lahan yang digunakan lebih dari 1,4 juta meter persegi.

Proyek ini melibatkan pembangunan tidak hanya satu, tetapi tujuh menara yang berdekatan.

Lokasi menara ini berada di Kompleks Abraj Al Bait yang merupakan sebuah kompleks bangunan di Kota Mekkah, Arab Saudi. Menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam.

Fakta Menarik Tentang Makkah Royal Clock Tower

1. Ketinggian Menara

Menara ini memiliki ketinggian 601 meter yang menjadikannya salah satu bangunan tertinggi di dunia.

Pada tahun 2011, menara ini bahkan dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Shanghai Tower pada tahun 2013.

2. Jam Terbesar di Dunia

Salah satu fitur yang paling mencolok dari menara ini adalah jam raksasa yang terletak di puncaknya.

Dengan diameter 43 meter, jam ini adalah yang terbesar di dunia dan dapat dilihat dari jarak beberapa kilometer.

3. Fasilitas Hotel dan Perbelanjaan

Kompleks Abraj Al Bait yang merupakan tempat menara ini berdiri, juga mencakup hotel mewah, pusat perbelanjaan, dan fasilitas lainnya yang mendukung kebutuhan para peziarah yang datang ke Mekah.

4. Penghormatan Terhadap Tradisi Islam

Menara ini dilengkapi dengan simbol-simbol Islami yang kuat, termasuk tulisan kaligrafi besar yang menyatakan “Allah” dan “Muhammad”.

Selain itu, menara ini juga dilengkapi dengan lampu hijau yang menyala saat waktu shalat tiba yang memudahkan para jamaah untuk mengetahui waktu shalat.

Rekor

Makkah Royal Clock Tower menjadi bangunan tertinggi di Arab Saudi dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dengan total luas area lantai sebesar 1.500.000 m², kompleks ini menjadi bangunan dengan area lantai terluas di dunia saat penyelesaiannya.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Akhir Al-Imam Bukhari

Namun, rekor ini dipecahkan pada Juli 2013 dengan selesainya New Century Global Centre, sebuah bangunan multifungsi di Chengdu, China.

Hotel Tower dilengkapi dengan jam pada setiap sisinya, masing-masing berukuran 80 meter. Keempat jam ini dipasang pada ketinggian 530 meter, menjadikannya jam terbesar dan tertinggi di dunia berdasarkan letaknya.

Kesimpulan

Big Ben versi Saudi Arabia, yaitu Makkah Royal Clock Tower, adalah bangunan yang penuh dengan sejarah dan fakta menarik.

Dari ketinggiannya yang menakjubkan hingga fasilitas canggih yang dimilikinya, menara ini merupakan simbol kemegahan dan dedikasi Arab Saudi terhadap ibadah dan pelayanan kepada umat Islam di seluruh dunia.

Dengan berbagai keistimewaan dan makna yang mendalam, Makkah Royal Clock Tower terus menjadi salah satu destinasi paling dihormati dan dikagumi oleh umat Islam dan pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Bagikan:

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment