Ini Dia 7 Kota Menarik yang Patut Dikunjungi Selama Umroh!

Fitria Zahrah

Perjalanan umroh bukan hanya tentang ibadah di Mekkah dan Madinah, tetapi juga tentang kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan sejarah Islam di berbagai kota lainnya. Selama kamu melakukan umroh, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi 7 kota menarik berikut ini:

1. Iskandariyah, Mesir

Iskandariyah atau Alexandria adalah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan. Iskandariyah terletak sekitar 225 kilometer dari Kairo, ibu kota Mesir.

Kota yang dikenal sebagai Mutiara Mediterania ini menjadi saksi pembangunan benteng oleh Sultan Qaitbay pada tahun 1480 sebagai simbol kebanggaan Islam.

Jika kamu ke Iskandariyah, jangan lupa untuk berkunjung ke perpustakaan kuno yang mengesankan bernama Bibliotheca Alexandrina di Universitas Iskandariyah.

Selain itu, terdapat pula berbagai situs bersejarah yang dapat kamu kunjungi seperti Benteng Qaitbay yang dibangun di lokasi Mercusuar Pharos, serta Kom El Shoqafa, sebuah makam Romawi yang terkenal.

2. Kairo, Mesir

Kairo merupakan sebuah kota dimana pusat pendidikan agama Islam terkemuka dunia berada. Banyak cendekiawan Muslim yang menimba ilmu di sini, terutama di Universitas Al-Azhar.

Di sini, kamu dapat mengunjungi Piramida Giza dan Sphinx yang merupakan ikon Mesir Kuno.

Baca Juga: Aturan Baru Umrah di Saudi: Visa Apa Saja Diterima!

Kamu juga dapat berkunjung ke Museum Mesir di Kairo memiliki koleksi artefak yang luar biasa, termasuk harta dari makam Tutankhamun.

Jangan lewatkan untuk menjelajahi Masjid Al-Azhar, salah satu universitas tertua di dunia dan pusat keilmuan Islam.

3. Istanbul, Turki

Istanbul adalah sebuah kota yang memiliki perpaduan antara budaya Timur dan budaya Barat. Kota ini sebelumnya bernama Konstantinopel, kemudian berganti nama menjadi Istanbul pada masa pemerintahan Sultan Muhammad II dari Kesultanan Ottoman.

Sejumlah bangunan megah di Istanbul menjadi saksi bisu kejayaannya, termasuk Hagia Sophia yang awalnya merupakan sebuah gereja dan kemudian diubah menjadi masjid.

Selain itu, Topkapi Palace, istana yang dibangun pada abad ke-15 hingga ke-17, menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO.

Di dalamnya disimpan benda-benda bersejarah termasuk pedang yang diyakini milik Nabi Muhammad SAW.

4. Kordoba, Spanyol

Selama masa kekuasaan Muslim, Kordoba pernah menjadi ibu kota Andalusia. Pada abad ke-10 hingga ke-11 Masehi, wilayah ini menjadi kota paling berpengaruh di Eropa. Arsitektur kota Kordoba merupakan warisan dari bangsa Moor, selain dari Romawi.

Jika berkunjung ke Kordoba, kamu dapat mengunjungi Jembatan Romawi dan Alcázar de los Reyes Cristianos yang merupakan bekas istana dan kini menjadi taman yang indah.

5. Granada, Spanyol

Granada adalah rumah bagi Alhambra, sebuah kompleks istana dan benteng yang dibangun oleh para penguasa Moor.

Baca Juga: Betapa Romantisnya Kota Kairo!

Alhambra terkenal dengan taman-tamannya yang menakjubkan, arsitektur yang rumit, dan pemandangan yang menakjubkan ke arah kota Granada dan pegunungan Sierra Nevada.

Selain Alhambra, kamu juga bisa mengunjungi Albayzín, sebuah kawasan tua yang mempertahankan suasana Islam kuno dengan jalan-jalan sempit dan rumah-rumah bercat putih.

6. Yerusalem, Palestina

Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama besar: Islam, Kristen, dan Yahudi.

Bagi umat Islam, Yerusalem adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW melakukan Isra’ Mi’raj.

Di sini, kamu bisa mengunjungi Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock, yang merupakan situs bersejarah dan religius penting.

Kota Tua Yerusalem dengan tembok-temboknya yang kuno juga menawarkan pengalaman sejarah yang mendalam.

7. Amman, Yordania

Amman adalah ibu kota Yordania yang modern namun tetap mempertahankan warisan sejarahnya.

Di kota ini, para jamaah dapat mengunjungi Benteng, Masjid Agung Hussein, dan Masjid Raja Abdullah.

Di pinggiran kota, Jubeha, terdapat makam Abdul Rahman ibn Awf al-Zuhri, seorang ksatria Muslim yang turut serta dalam beberapa pertempuran penting seperti Badar, Uhud, dan penaklukan Mekah.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi makam Bilal ibn Rabah, muazin Nabi Muhammad, serta Gua Kahfi yang juga terletak di kota ini.

Mengunjungi kota-kota ini selama perjalanan Umroh tidak hanya menambah wawasan sejarah dan budaya, tetapi juga memperkaya pengalaman spiritual kamu.

Setiap kota memiliki kisah unik dan warisan yang tak ternilai, menjadikannya destinasi yang patut dijelajahi oleh setiap peziarah.

Dengan Annisa Travel, kamu dapat memastikan perjalanan kamu nyaman, aman, dan penuh makna.

Nikmati pengalaman spiritual ini lebih dalam lagi dengan perjalanan umrah bersama Annisa Travel. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket umrah, silakan kunjungi situs kami di Annisa Travel.

Bagikan:

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment