Jelajahi Tempat-Tempat Mustajab di Mekkah yang Patut Dikunjungi!

Fitria Zahrah

Jika kamu hendak berangkat ibadah haji maupun umroh, tentu banyak sanak saudara yang ingin didoakan di tempat-tempat yang diyakini mustajab. Tetapi tahukah kamu bahwa tempat-tempat mana saja di Mekkah yang diakui begitu mustajab untuk segala doa?

Berikut ini Annisa rangkum tempat-tempat Mustajab untuk berdoa di Mekkah yang bisa kamu kunjungi:

1. Multazam

Berdasarkan sebuah hadist dikatakan bahwa Multazam adalah sebuah tempat dimana sebuah doa tidak akan mendapatkan hasil selain dikabulkan.

Terdapat sebuah hadits yang menyebutkan tentang keistimewaan berdoa di Multazam, yaitu.

عَنْ عَمْرِ بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ طُفْتُ مَعَ عَبْدِ اللهِ فَلَمَّا جِئْنَا دُبَرَ الْكَعْبَةِ قُلْتُ أَلاَ تَتَعَوَّذُ. قَالَ نَعُوذُ بِاللهِ مِنَ النَّارِ. ثُمَّ مَضَى حَتَى اسْتَلَمَ الْحَجَرَ وَأَقَامَ بَيْنَ الرُّكْنِ وَالْبَابِ فَوَضَعَ صَدْرَهُ وَوَجْهَهُ وَذِرَاعَيْهِ وَكَفَّيْهِ هَكَذَا وَبَسَطَهُماَ بَسْطًا ثُمَّ قَالَ هَكَذَا رَآَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَفْعَلُهُ.

Artinya, “Diriwayatkan dari Amr bin Suaib, dari ayahandanya, ia mengatakan, ‘Aku sedang berthawaf bersama Abdullah (Abdullah bin Umar). Ketika kami berada di belakang Baitullah, aku bertanya, ‘tidakah kamu memohon perlindungan?’Abdullah pun mengucapkan, ‘Kami berlindung kepada Allah dari panasnya siksaan api neraka.’ Setelah selesai, Abdullah menyalami Hajar Aswad dan berdiri antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah, lalu merapatkan dada, muka, kedua siku, dan kedua telapak tangan nya, ‘seperti inilah aku melihat Rasulullah SAW melakukannya,’” (Sunan Abu Daud dalam Bab Multazam, hadits nomor 1623, juz 5).

Tempat ini berlokasi di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Karena begitu mustajabnya tempat ini, tidak mengherankan jika tempat ini selalu dipenuhi oleh orang-orang yang ingin agar doanya mendapat jawaban.

2. Hijr Ismail

Hijr Ismail merupakan tempat favorit kedua untuk berdoa. Berdoa di Hijr Ismail dianggap sama dengan berdoa di dalam Masjidil Haram.

Sekadar diketahui bahwa di area sekitar Ka’bah, ada bangunan seperti pagar setengah lingkaran yang ada di sebelah utara kiblat shalat umat Islam itu.

Area dalam lingkaran pagar setinggi 1,3 meter dan panjang kurang lebih 21,5 meter tersebutlah yang dinamakan sebagai Hijir Ismail.

Baca Juga: Jamaah Umroh Wajib Vaksin Meningitis Mulai Musim Depan!

Ada aturan yang unik ketika sholat di Hijr Ismail, di mana seseorang boleh menghadap mana saja selama sholat di Hijr Ismail.

Dikisahkan ketika Siti Aisyah ingin masuk ke dalam Ka’bah, Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Daud: Sayyidah Aisyah berkata: Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan shalat di dalamnya.

Rasulullah membawa Siti Aisyah ke dalam Hijir Ismail dan berkata: Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena termasuk sebagian dari Ka’bah.

3. Tempat Sai

Sa’i secara bahasa dapat diartikan sebagai bekerja, berusaha, berlari, dan berjalan.

Sedangkan menurut istilah, sa’i merupakan salah satu rukun dalam rangkaian ibadah haji dan umrah.

Artinya, jamaah yang tidak melaksanakan sa’i maka ibadah umrah dan haji tidak sah.

Dalam kisah, sewaktu Hajar berlaku antara Shafa dan Marwa, permohonan Hajar pun akhirnya dikabulkan.

Oleh sebab itu, tempat ini pun diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk segala macam doa.

4. Di Belakang Maqam Ibrahim

Diyakini, dengan berdoa di belakang Maqam Ibrahim, doa-doa yang diucapkan akan dikabulkan.

Tempat ini begitu diyakini kemustajabannya meskipun tidak ada referensi baik berdasarkan Al Quran maupun Al Hadist mengenai kemustajaban Maqam Ibrahim.

Banyak orang yang berdoa di sini dengan penuh keyakinan akan terkabulnya doa-doa mereka.

Itulah beberapa tempat yang diyakini kemustajabannya. Namun jika doa belum dikabulkan, itu bukan berarti tempat tersebut sudah kehilangan kemustajabannya, namun mungkin ada hal lebih baik yang sudah dipersiapkan ALLAH SWT.

Untuk memastikan perjalanan ibadah kamu berjalan lancar dan nyaman, pilihlah Annisa Travel sebagai mitra perjalanan haji dan umroh kamu.

Annisa Travel menawarkan paket-paket haji dan umroh yang lengkap dengan fasilitas terbaik dan bimbingan ibadah yang profesional.

Segera hubungi Annisa Travel dan jadikan perjalanan ibadah Anda lebih bermakna dengan mengunjungi tempat-tempat mustajab di Mekkah.

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

Leave a Comment