Perbedaan Haji dan Umroh: Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?

Fitria Zahrah

Haji dan Umroh adalah dua ibadah penting bagi umat Muslim dengan syarat yang berbeda. Ibadah Haji adalah Fardhu Kifayah (wajib) bagi Muslim yang mampu, sementara Umroh adalah Sunnah.

Haji merupakan rukun Islam kelima, dengan perjalanan lebih panjang dan kegiatan spiritual lebih banyak yang hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu dalam setahun.

Meskipun keduanya adalah perjalanan spiritual yang bermakna, Haji dan Umroh tetap berbeda. Apa yang membedakan keduanya? Mari simak penjelasannya secara detail.

Apa Itu Umroh?

Umroh yang biasa disebut sebagai ziarah kecil, merupakan bentuk perjalanan singkat ke kota suci Mekkah.

Baca Juga: Ibadah Haji Musim Panas Bakal Berakhir Tahun 2025!

Ibadah Umroh terdiri dari beberapa rangkaian ibadah yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun tanpa ada batasan kecuali saat musim haji menurut kalender islam.

Apa Itu Haji?

Haji adalah salah satu dari lima rukun islam dan merupakan ziarah wajib yang harus dilakukan sekali seumur hidup bagi orang yang mampu.

Jutaan umat Islam melakukan perjalanan yang sangat mulia ini setiap tahunnya dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memenuhi kewajiban rukun islam tersebut.

Durasi Haji dan Umroh

Pelaksanaan ibadah haji biasanya memakan waktu 4 hingga 5 hari, yaitu dari tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjah. Sementara, ibadah umroh hanya memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga jam.

Jumlah Rukun

Diterimanya ibadah haji dan umroh tergantung pada rukun-rukunnya. Jika semua rukun terpenuhi, ibadah tersebut dianggap sah. Terdapat perbedaan antara rukun dari kedua ibadah ini, yakni:

Baca Juga: Jelajahi Tempat-Tempat Mustajab di Mekkah yang Patut Dikunjungi!

Rukun Haji

  1. Ihram
  2. Wukuf di Arafah
  3. Thawaf
  4. Sa’i antara bukit Shafa dan Marwah
  5. Mencukur rambut
  6. Tertib

Rukun Umroh

  1. Ihram
  2. Thawaf
  3. Sa’i antara bukit Shafa dan Marwah
  4. Mencukur rambut
  5. Tertib

Untuk memastikan ibadah Haji dan Umroh Anda berjalan lancar dan sesuai dengan syariat, percayakan perjalanan Anda kepada Annisa Travel.

Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik, mulai dari bimbingan manasik hingga akomodasi nyaman selama di tanah suci.

Bersama Annisa Travel, wujudkan impian ibadah Anda dengan tenang dan khusyuk. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan:

Tags

Fitria Zahrah

Annisa News - Copy Writer

1 thought on “Perbedaan Haji dan Umroh: Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?”

  1. Pingback: Cara Efektif Menunda Haid Saat Umroh dengan Primolut: Panduan Lengkap

Leave a Comment